Facebook Live untuk Kebutuhan Bisnis

Facebook Live untuk Kebutuhan Bisnis

Konten teks, gambar, video, hingga kini live stream merupakah upaya yang dilakukan brand untuk membangun engagement dengan konsumennya. Beberapa brand kini mulai memanfaatkan Facebook Live untuk bisnisnya. Konten instan yang ditayangkan saat itu juga memang kini menjadi tren. Apa saja yang perlu diperhatikan saat menyiapkannya?

Konten Unik

Pikirkan lebih dulu konten apa yang menarik dan cocok disajikan melalui Facebook Live, dan apakah benar audiens bisnis Anda tertarik untuk melihatnya? Interaksi audiens terhadap konten juga perlu dipikirkan, karena yang membuat Facebook Live berbeda dengan tayangan video lainnya adalah aspek real time tanpa editing.

Sebuah website commerce pada saat hari belanja online nasional pernah menyajikan Facebook Live seharian penuh. Formatnya berupa ngobrol-ngobrol dengan perwakilan stakeholder website tersebut, dipandu oleh host yang memang piawai bicara dan tidak membosankan. Acara ini berlangsung seharian penuh dengan dibagi banyak segmen. Yang membuat audiens terus menunggu dan berinteraksi di komentar adalah penawaran khusus yang hanya bisa diketahui kalau memantau acara tersebut.

Sebuah brand teknologi pernah juga menggelar Facebook Live berupa talk show bertema pemberdayaan perempuan di industri STEM (science, technology, engineering, and mathematics), ditayangkan persis pada hari Kartini. Seorang host memandu acara sambil bertanya jawab dengan beberapa undangan pembicara. Audiens online bisa ikut tanya jawab langsung melalui komentar. Akhir acara ditutup dengan kuis yang khusus diperuntukkan oleh audiens online, dengan pertanyaan relevan dengan isi acara.

Hal yang paling sering dilakukan oleh brand adalah melakukan Facebook Live untuk event launching atau gathering komunitas. Tujuannya untuk menjangkau mereka yang tidak bisa datang ke lokasi, tapi memang punya ketertarikan dengan brand tersebut. Mereka yang menyaksikan online diharapkan bisa ikut merasakan keseruan yang sama dengan yang hadir di lokasi, karena ikut menyaksikannya pada waktu yang sama.

Teknis Penyiaran Facebook Live

Riset yang dilakukan Wowza menyebutkan kalau 42% tantangan Facebook Live adalah setup dan integrasi. Selain itu disebutkan kalau 37% error yang paling sering dihadapi adalah koneksi streaming yang drop di tengah siaran. Facebook Live memang bisa dilakukan langsung dari smartphone menggunakan koneksi 4G. Sayangnya tidak semua titik di Indonesia memiliki jaringan 4G yang stabil. Untuk menyajikan siaran Facebook Live yang layak dibutuhkan minimal dedikasi koneksi internet 5 MBps. Tidak mungkin menggunakan koneksi 4G di sebuah event yang dihadiri ratusan orang. Akan ada rebutan jatah koneksi nantinya.

Untuk beberapa event, penyiaran Facebook Live perlu ditampilkan dengan lebih profesional, misal: ada zoom ke pembicara, atau sisipan slide dari pembicara, atau sekedar penulisan nama pembicara tersebut di layar. Tentunya sulit bila ini menggunakan smartphone. Perlu ada software dan hardware yang lebih layak untuk penyajiannya.

Facebook Live untuk Kebutuhan Bisnis

Promosi Konten

Pada saat program dimulai, Facebook akan mulai memberikan notifikasi ke audiens yang sudah me-like page brand itu sebelumnya. Ada baiknya info siaran Facebook Live ini sudah diberitahukan beberapa hari sebelumnya, dengan dibantu dengan ads untuk memperluas reach. Kalau perlu bisa dibuat teaser yang mendorong rasa penasaran audiens, dengan jawaban yang hanya bisa ditemui saat menonton acara streamingnya.

Laporan Akhir

Setelah Facebook Live selesai, Facebook akan mengolahnya menjadi satu video utuh dan mempublikasikannya dalam bentuk video post. Biasanya akan bisa dilihat maksimal 30 menit setelah streaming selesai. Seperti post lainnya, bisa dilakukan boost dengan ads, untuk memperbesar reach-nya. Insight dari video post ini nanti akan dibedakan antara traffic yang didapat saat streaming dan traffic yang didapat sudah menjadi post.

Dari insight streaming bisa dilihat berapa banyak user yang melihat bersamaan, dan pada menit ke berapa traffic kunjungan naik atau turn. Lebih dalam lagi bisa dicek pula tipe engagament yang dilakukan oleh user seperti komentar, likes, shares dilakukan pada menit ke berapa saja.

 

Sebagai pemilik atau perwakilan brand, Anda tidak perlu terlalu memusingkan poin-poin di atas. Kami bisa membantu memberikan siaran Facebook Live sesuai kebutuhan Anda. Silakan hubungi kami untuk ngobrol bareng terkait hal ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *