Pentingnya Website Ramah untuk Mobile

Pentingnya Website Ramah untuk Mobile

Kemungkinan besar sudah ada yang cerita kepada Anda kalau website perusahaan atau brand Anda harus ramah untuk pengguna mobile. Selama tahun 2017 kemarin, 72% mengakses internet melalui mobile, dan hanya 26% yang mengaksesnya melalui desktop. Sisanya menggunakan tablet. Ini berlangsung konsisten terus setiap bulan, dan pastinya pola ini akan berlanjut juga di 2018, dan pastinya akan terus meningkat.

Lalu bagaimana kalau website Anda belum disiapkan untuk mobile? Studi dari Google mengatakan kalau 61% pengguna akan tidak kembali ke website Anda jika mereka kesulitan mengaksesnya, dan 40% akan mengunjungi website kompetitornya. Data dari Google Consumer Survey tahun 2014-2015 menunjukkan pula kalau 80% orang Indonesia lebih memilih browsing menggunakan smartphone ketimbang laptop atau PC.

Cek Audiens Mobile Anda

Sebelum melakukan perubahan, ada baiknya Anda mengecek lebih dahulu karakteristik pengunjung website Anda. Melalui Google Analytics akan bisa terlihat berapa persen pengunjung Anda yang mengaksesnya melalui mobile dan desktop. Kalau memang kebanyakan mobile, dan website Anda belum disiapkan untuk itu, maka perbaikan website menjadi prioritas.

Desain Responsif

Desain responsif (responsive design) sudah harus menjadi kewajiban saat mendesain sebuah website. Desain responsif ini akan terdiri dari elemen yang sama, namun tampilannya akan menyesuaikan berdasarkan ukuran layar (desktop, tablet, smartphone). Desain yang di desktop terdiri dari 2 kolom misalnya, akan dijadikan 1 kolom atas dan bawah untuk versi mobile-nya. Image yang berukuran besar di desktop akan diperkecil supaya muat mengikuti lebar layar.

Waktu Loading untuk Mobile

Website versi mobile seharusnya didesain agar bisa diakses lebih cepat daripada versi desktop, karena pengguna mengaksesnya dengan data internet yang lebih terbatas. Image versi mobile bisa diperkecil, atau kalau perlu dihilangkan. Video yang ada di versi desktop tidak perlu dimunculkan, atau cukup diganti dengan image. Kode-kode javascript yang memberatkan tidak perlu di-load untuk versi mobile. Studi dari Google mengatakan kalau 75% pengguna smartphone akan meninggalkan website bila loading-nya membutuhkan waktu lebih dari 5 detik. Semakin cepat tentu semakin baik.

Terkait SEO

Sedemikian pentingnya akses melalui mobile, hingga Google pun kini memprioritaskan indeks pencarian melalui mobile dahulu, baru desktop. Kalau website Anda sudah didesain responsif atau memiliki versi mobile dengan struktur yang sama dengan desktop, hal ini tidak menjadi masalah.

Langkah Anda Selanjutnya

  1. Cek terlebih dahulu apakah website Anda ramah untuk mobile di sini.
  2. Pelajari data pengunjung website Anda sebelumnya untuk menentukan perlu atau tidaknya membuat desain versi mobile.
  3. Jika memang Anda membutuhkan bantuan redesain website untuk mengikuti tuntutan pengguna Indonesia pada umumnya, termasuk di dalamnya menyiapkan versi mobile-nya, yuk kita mulai ngobrol-ngobrol di sini.

Pentingnya Website Ramah untuk Mobile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *